Just Another Place 2 Share


Review Film : An American Crime (2007)

30 Aug 2008

American Crime

Nonton film ini, rasa kesal, bahkan mungkin marah, sedih dan tidak ingin percaya akan bercampur menadi satu.

Kisah ini diangkat dari kejadian nyata di Amrik sekitar tahun 1965. Berawal ketika pasangan suami isteri Likens yang harus menjalankan profesi mereka sebagai pemain sirkus keliling, mempercayakan dan menitip ke-2 anak perempuan mereka Jenny dan Sylvia (Ellen Page) kepada seorang wanita yang baru mereka kenal, Gertrude Baniszewski (Catherine Keener) dengan perjanjian suami isteri Likens akan mengirimkan cek secara rutin untuk biaya hidup kedua putrinya.

Gertrude yang hidup menjanda dengan anak yang cukup banyak ditambah kondisi tubuhnya yang sakit-sakitan serta tekanan kehidupan ekonominya yang sulit ternyata menyimpan kemarahan-kemarahan yang kemudian tersalurkan kepada Sylvia. Semua gerak-gerik Sylvia selalu salah di mata Gertrude, apalagi ketika salah seorang anaknya memfitnah Sylvia karena rasa irinya. Sylvia kemudian menerima hukuman-hukuman yang cukup sadis baik dari Gertrude maupun dari anak-anaknya.

Anehnya lagi, anak-anak Gertrude justru mengajak anak-anak lain di lingkungan mereka untuk ikut menghukum Sylvia. Dan itu mereka lakukan dengan riang gembira. Sementara Jenny adik Sylvia hanya berdiam diri karena takut akan ancaman Gertrude.

Anda pasti akan menarik nafas panjang selama menonton film ini. Bertanya dalam hati, kenapa hal seperti itu bisa terjadi.

Banyak pelajaran moral yang bisa kita petik dari film ini disamping ceritanya yang sangat menyentuh rasa kemanusian kita. Dan mungkin anda akan merasakan hal yang sama ketika melihat begitu sering kekerasan dan tindak semena-mena sering terjadi di negara kita, baik yang berlatar belakang sosial, politik dan agama. Dan anda hanya bisa bertanya dalam hati, kenapa harus terjadi seperti ini?


TAGS movie film


-

Search

Latest