Just Another Place 2 Share


Review: Mirage (Illuzija) - Harapan dan Kekecewaan

10 Sep 2008

Mirage

Film ini bercerita ttg kemiskinan dan harapan, realita dan kekecewaan. Pesan yang disampaikan sangat kuat bahwa kemiskinan dan kekecewaan yang bertubi2 dapat merubah seseorang yang tadinya lemah bisa menjadi pembunuh berdarah dingin.

Tokoh utama Marko seorang anak berumur 12 tahun yg tumbuh menjadi sangat pendiam, selain karena faktor kemiskinan keluarganya, juga karena tekanan2 kakak perempuannya yang kasar dan semena2. Ayahnya yang hanya seorang buruh kasar lebih sering menghabiskan waktu dengan mabuk2an dan bermain bingo. Sedangkan ibunya adalah seorang perempuan yang masa bodoh dan nyaris tidak punya gairah hidup.

Dari awal, film ini sudah sangat menyedihkan dengan jalan ceritan yg agak lambat.

Marko kecil nyaris tidak memiliki ruang untuk hidup dan berekspresi. Di sekolahpun ia sering menjadi bulan2an sekelompok anak yang memiliki power.

Satu-satunya harapan bagi Marko ketika salah satu gurunya memberikan dorongan atas kemahiran Marko menulis puisi dan membimbing dia untuk mempersiapkan diri menghadapai suatu lomba yang kemungkinan besar dapat membawa Marko ke Paris. Sayang, sang guru meninggalkan kekecewaan di hati Marko ketika ia sedang dipukuli oleh teman2 berandalnya dan si guru hanya melihat dari kejauhan dan bahkan pergi menjauh. Dan kekecewaan2 pada gurunya itupun akan terus berlanjut

Marko memiliki satu tempat persembunyian dimana ia bisa bermain dan merasa bebas dengan kesendiriannya yaitu di sebuah gerbong kereta api yang rusak. Di ruang kecil inilah kemudian dia bertemu dan bersahabat dengan seorang buronan yang sedang bersembunyi. Dari sahabatnya ini Marko mendapatkan banyak pelajaran berharga yang perlahan membangkitkan keberaniannya sekaligus sisi gelap dirinya. Mulai dari merokok, mabok2an, mencuri dan menembak dipelajari Marko dengan cepat. Marko seperti menemukan dunia baru dan harapan baru ketika sang sahabat berjanji akan membawa Marko dari kampungnya.

Perubahan-perubahan pada diri Marko ternyata membawanya pada kesulitan-kesulitan baru dan kekecewaan2 baru. Dan ketika semua harapan yang sempat tumbuh di hatinya semua sirna Marko pun bertransformasi.

Salut buat pemeran Marko yang benar2 bisa menghadirkan sosok Marko kecil yang pendiam, penakut dan penurut tetapi kemudian sosok itu bisa bertransformasi menjadi sosok yang sangay jauh berbeda dari sebelumnya.

Buat yang mo nonton harus nahan dikit klo ngantuk di awal cerita yah.


TAGS movie film Mirage Illuzija


-

Search

Latest