Just Another Place 2 Share


Menaikkan Trafik Blog dengan SEO Sederhana (Keyword Density)

9 Mar 2009

seo trafik blog

Menyambung postingan sebelumnya tentang trafik salah satu blog gw yang meningkat terlalu tajam hingga harus di Suspend! Dan sekalian untuk share buat Easy dan sahabat-sahabat dBloggers, gw coba berbagi sedikit trik SEO (Search Engine Opimization) yang sangat sederhana dan mudah diaplikasikan dalam meningkatkan trafik blog.

Seperti yang gw gambarkan di postingan sebelumnya, sangat penting kita mengupdate blog (posting) berita atau artikel yang diprediksikan akan banyak dicari oleh pengguna internet. Gw pribadi biasanya menggunakan media televisi sebagai sumber berita/artikel. Ada kecenderungan berita-berita yang ditayangkan di berita pagi stasiun televisi akan banyak dicari pada siang harinya. Tentunya tidak semua berita, jadi kita fokus pada berita-berita yang kira2 akan menarik banyak peminat. Contoh terbaru adalah berita mengenai temuan YLKI terhadap makanan-makanan yang mengandung melamin.

Semakin cepat kita posting berita yang kita anggap menarik, akan semakin cepat terindeks oleh google dan search engine lainnya dan semakin banyak mendatangkan pengunjung. Mungkin salah satu kelemahan blog di blogdetik, adalah kita tidak bisa menggunakan fitur ping dan sitemap yang membantu postingan kita terindeks dengan cepat, tapi ini masih bisa diantisipasi dengan memanfaatkan socialbookmarking (gw merokemendasikan stumbleupon.com, digg.com, google bookmarks dan yahoo buzz)

Yang perlu diperhatikan bahwa ada kemungkinan besar, blog dan situs berita lain juga akan memuat artikel/berita yang sama, untuk itu kita harus memastikan bahwa postingan kita akan terindeks di halaman depan hasil pencarian search engine sesuai dengan keyword yang kemungkinan akan digunakan oleh pencari berita. Misalnya sesuai contoh disini maka keyword yang akan kita tembak adalah makanan mengandung melamin dan YLKI.

Yang harus kita perhatikan adalah kerapatan keyword (keyword density) yang sesuai. Pengulangan keyword sangat dibutuhkan disini dengan kerapatan tertentu. Idealnya tulislah berita/artikel minimal 300 kata dan masukkan sebanyak 3 kali pengulangan keyword yang ditembak secara menyebar merata dalam artikel ( 1 keyword untuk setiap 100 kata).

Mencetak tebal keyword juga dapat membantu dan usahakan keyword juga muncul pada judul postingan karena pada template2 blog yang sudah memenuhi standar SEO biasanya judul posting juga akan menjadi tag judul halaman blog dan ini sangat baik untuk SEO.

Hidarkan menggunakan keyword yang terlalu rapat atau terlalu banyak karena ada kemungkinan robot pembaca suruhan search engine akan mengkategorikan postingan kita sebagai spam.

Cukup mudah bukan?

Oya jangan lupa, untuk blogger Indonesia silahkan manfaatkan 2 buah social bookmark lokal terbesar yang ada yaitu lintasberita.com dan infogue.com. Submit setiap postingan kita di kedua situs tersebut. Apabila postingan kita menjadi salah satu berita terpilih dan kemudian tampil dihalaman depan situs2 tersebut, biasanya lebih dari seribu pengunjung dipastikan mampir ke blog kita. Tapi ini sangat tergantung seberapa menarik judul artikel kita.

Selamat mencoba!


TAGS trafik seo Blogging keyword density


-

Search

Latest