Just Another Place 2 Share


Cacar Air

24 Jul 2009

Barusan gw nelpon mantan istri gw di Kalimantan dan ternyata kedua anak gw lagi terkena cacar air. Duh kasian banget. Dan tiba-tiba jadi pengen ngomongin pengalaman gw dengan cacar air, yang kebetulan sepanjang hidup gw blom pernah terkena penyakit ini. Padahal banyak yang bilang orang yang belum terkena cacar air biasanya akan mudah tertular kalau kena kontak atau berdekatan dengan penderita. Bahkan di situs Tanyadokteranda.com juga bilang begitu.

Pertama kali tahu tentang cacar air gw masih SMP waktu sepupu gw yang juga best friend gw waktu itu terkena cacar dan gw cuek aja tidur-tiduran bareng sepupu gw ini padahal udah dilarang karena takut ketularan. Dan ternyata gw ga ketularan tuh.

Trus di kelas 3 SMA, pas lagi ujian EBTANAS, teman yang duduk disamping gw juga kena cacar air. Kasian juga sih. Bayangkan harus konsentrasi ujian sementara badan demam tinggi dan gatal2. Nah karena udah cukup banyak tau ttg cacar air, gw sempat takut tertular. Setiap pulang sekolah selama ujian gw langsung mandi pake cairan antiseptik Betadine yang waktu itu gw inget baunya ngga enak banget. Gw juga minum mulitvitamin dan makan yang banyak yang waktu itu gw pikir untuk menjaga daya tahan tubuh aja. Untung deh gw ngga kena juga. Entah karena cairan antiseptik itu atau emang daya tahan tubuh gw lagi bagus. Karena cacar air sangat berhubungan dengan daya tahan atau kekebalan tubuh katanya.

Pengalaman berikutnya pas udah Kuliah. Kebetulan gw ngekos di kos-kosan yang kita sebut Pondokan. Penghuni pondokan campur cewek-cowok. Bentuknya kek asrama memanjang. Nah tiba2 penghuni pondokan bergantian terkena wabah cacar air. Tiap kali siapa yang terkena, langsung dikarantina di kamar paling ujung yang kebetulan kosong dan ngga boleh berkeliaran kemana2. Hahaha pada tega juga. Yang jadi masalah, kebanyakan penghuni pondokan lain keberatan untuk kebagian tugas suplai makan, obat-obatan dan keperluan laen buat teman yang kena cacar karena takut ketularan. Nah kebetulan gw udah cukup pede dan merasa ngga akan tertular akhirnya mengambil alih tugas2 merawat teman yang kena cacar bergantian ini. Yah sok2 pahlawan gitu deh. Alhamdulilah, gw lolos lagi sampe wabah cacarnya hilang.

Keliatannya sih emang sulit mencegah untuk tidak tertular cacar air, bahkan yang sudah diimunisasipun masih terkena. Tapi prinsip gw kalau di lingkungan kita lagi mewabah cacar air gw hanya berusaha sebisa mungkin untuk menjaga kebersihan tubuh, minum vitamin dan jaga daya tahan tubuh. Termasuk kalo lagi wabah flu dan penyakit-penyakit menular yang umumnya menyebar dengan mudah.

Cacar air atau bahasa kerennya Varicella simplex atau kalau bahasa bulenya Chicken Pox termasuk penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster yang penyebarannya secara aerogen (melaui perantara udara). - Wikipedia -

*Informasi lebih lengkap tentang Cacar Air di Wikipedia


TAGS kesehatan cacar air


-

Search

Latest