Just Another Place 2 Share


Insomnia vs Olahraga

5 Dec 2009

insomnia vs gym

Bicara insomnia alias jago begadang, gw dah akrab dengan kata ini puluhan tahun. Entah kenapa dari jaman kuliah gw males banget tidur malem. Klo mo dicari-cari gw malah dah lupa kira-kira penyebab insomnia gw apa yah? Yang jelas gw dulu pernah berpikir, saying sih klo waktu hidup kita dihabiskan dengan tidur wkwkwkw pikiran yang aneh tentunya karena kita sama-sama tau badan mausia juga butuh istirahat.

Tapi gw emang layaknya kalong, klo malem semangat tapi klo siang bawaannya ngantuuk aja. Makanya gw ogah kerja kantoran, malem harus memaksakan diri tidur trus pagi2 pas lagi enak-enak tidur eh kudu bangun.

Gw suka heran liat orang yang begitu kepalanya nyentuh bantal langsung pulas, sementara gw harus tunggu ayam berkokok atau adzan subuh di mesjid sebelah baru gw mulai ngantuk hehehe. Tapi jangan salah, gw ga pernah merasa terganggu dengan insomnia gw, justru gw menikmati.

Trus bicara olah raga. Sama seperti tidur, olah raga juga dibutuhkan tubuh bukan? Pelajaran sekolah di SD juga bilang begitu. Tapi ya gitu deh, gw paling males yang namanya olahraga. Soalnya emang bawaan dari sana sih udah males. Apalagi semenjak tinggal di Jakarta. Aduh mo olahraga dimana? Area kosong disekitar tempat tinggal dah ngga ada, jalanan selalu dipenuhi kendaraan dan orang lalu lalang. Lengkap kan alasannya? Padahal sih emang males aja.

Belakangan mulai bertumbuh pusat-pusat kebugaran alias gym. Orangpun berbondong-bondong menjadi member sebuah gym untuk memenuhi kebutuhan olah raga. Meskipun ada yang bilang itu hanya jadi gaya hidup. Lantas kenapa? Selama gaya hidup itu positif why not?

Gw pribadi untuk memutuskan menjadi member salah satu pusat kebugaran juga butuh setahun lebih mikirnya. Alasannya.. ya itu tadi males. Sayang kan klo dah bayar mahal-mahal trus tetap aja males olah raganya. Tapi lama kelamaan, berpikir umur makin nambah, kualitas tubuh juga akan semakin menurun apalagi dengan gaya hidup gw yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer alias jarang bergerak, akhirnya gw memutuskan harus mulai olahraga dan jadilah gw member di sebuah pusat kebugaran.

Singkat cerita, udah sekitar 5 bulan ini gw aktif berkunjung ke salah satu gym, untuk olahraga pastinya. Ngga sampe membentuk-bentuk badan jadi kotak-kotak sih yang penting rutin aja, minimal kardio. Threadmill dan berenang. Sembari juga menikmati kopi gratisnya, steam sama sauna :)

Lantas apa sih hubungannya olahraga sama insomnia? Ngga tau juga sih ada hubungan apa, yang jelas sejak gw rutin olahraga, klo malem bawaannya ngantuuk muluuu. Biar udah ngopi, bangun siang-siang, masih pake tidur siang juga, tetep aja ngantuk dan pengen tidur klo malem. Gawat kan?

Masa sih gw harus stop olahraga supaya kuat begadang lagi?

Nah buat yang suka ngeluh insomnia dan susah tidur *kecuali yang menikmati kayak gw* mulailah olahraga! :)

*Gambar dari flickr


TAGS gym insomnia olahraga


-

Search

Latest