Just Another Place 2 Share


Gimana sih cara menghasilkan duit dari blog?

24 Jul 2010

blog monetize

Duh, pertanyaan ini mungkin dah basi yah buat mereka yang udah lama berkecimpung di dunia blog dan bisnis online. Gue pribadi jujur ga gitu semangat untuk nulis artikel tentang ini, karena udah banyak blogger yang ngebahas tentang monetize blog. Tapi kenyataan kalo banyak blogger-blogger baru alias pendatang baru yang baru mendengar istilah ini terus bertanya-tanya tentang bagaimana sih menghasilkan uang dari blog?

Cara paling mudah mempelajari cara-cara menghasilkan uang lewat bisnis online dengan media blog adalah dengan mencari informasi-informasi melalui search engine, meskipun kenyataannya tidak begitu mudah juga buat para newbie karena informasi yang didapatkan tidak akan tersusun rapi darimana harus memulai dan apa aja yang harus dilakukan. Belum lagi peluang untuk terjebak dalam innformasi-informasi yang menyesatkan serta bisnis-bisnis online yang bersifat scam.

Gw coba menulis artikel ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan teman-teman blogger baru, jadinya gw ngga perlu lagi menjawab satu-persatu, silahkan baca disini dan kalau ada yang belum jelas ngga usah segan2 untuk bertanya. Visit juga blognya Suami Malas yang kayaknya udah lebih banyak ngebahas materi bisnis online *kalau masih diupdate* :P.

Semoga tulisan ini dapat memberi gambaran dan sedikit petunjuk untuk teman2 blogger baru yang ingin belajar tentang cara menghasilkan uang lewat blog, dan kemudian silahkan coba mencari keterangan yang lebih banyak dengan memanfaatkan search engine.

Berikut beberapa metode *atau apalah namanya* untuk menghasilkan uang dari blog :

Direct Advertising Sales Menjual Spot Iklan
Cara ini lebih tepat untuk blogger yang mampu membuat blog raksasa atau bisa menggenjot trafik blog sampai ratusan ribu atau jutaan pengunjung perhari. Dengan trafik sebesar ini tentunya akan menarik peminat untuk memasang iklan mereka di blog kita. Tergolong usaha yang sulit sih, tapi klo anda cukup optimis untuk menciptakan sebuah blog yang menarik dan mampu konsisten mengupdate blog anda, silahkan mencoba.

Pay per click
Cara ini adalah dengan memasang script-script iklan dari penyelenggara program pay per click di blog kita. Biasanya kita hanya perlu meng-copas kode-kode javascript yang disediakan ke blog kita dan otomatis akan muncul link-link iklan. Jika pengunjung mengklik iklan yang muncul di halaman blog, maka kita akan memperoleh bayaran dengan nilai yang sangat bervariasi. Contoh-contoh PPC antara lain Adsense, Adbrite, Bidvertiser serta beberapa PPC local seperti Kliksaya, Kumpulblogger, Adsensecamp dll.

Pay per post (paid review)
Disini kita hanya perlu mendaftarkan blog ke penyelenggara program ini. Tentunya blog kita harus memenuhi syarat yang ditentukan. Cara kerjanya adalah dengan mengerjakan review-review (yang tidak semuanya berbentuk review) kemudian kita posting ke blog dan kemudian kita dibayar untuk setiap posting. Mungkin ini salah satu metode yang cukup ribet karena kita harus rutin membuat tulisan2 (berbahasa inggris pula) untuk mendapatkan penghasilan, tapi ini termasuk favorit gw, karena kalau kita focus dan bisa konsisten menjaga trafik dan popularitas blog (PR dan Alexa Rank tinggi), 10 USD perhari udah di tangan. Penyelenggara paid review antara lain Sponsoredreviews, Blogvertise dan lain-lain.

Text Link Ads
Cara ini adalah dengan menjual link kepada advertiser. Kita hanya cukup memasang code javascritpt yang disediakan penyelenggara di halaman blog kita, apabila ada advertiser yang berminat untuk memasang link mereka di blog kita, link akan muncul secara otomatis dan kita akan dibayar untuk itu. Biasanya dalam periode tertentu atau ada juga yang berdasarkan jumlah klik. Gw pribadi kurang menyukai program ini karena cenderung menyedot PR (Pagerank) blog kalau kita ngga mampu mengimbangi dengan jumlah posting dan mendapatkan backlink yang banyak.

Affiliate Marketing
Mengikuti program-program affiliasi yang ada. Biasanya kita hanya perlu memasang banner atau link-link produk affiliasi dan jika ada pengunjung blog yang berminat mengklik banner/link yang ada kemudian melakukan pembelian, maka kita aka mendapatkan komisi. Contohnya : Amzon dll.

File upload
Ini salah satu cara yang cukup menarik dalam menghasilkan uang lewat blog . Kita hanya perlu mengupload file-file yang ingin kita share ke pengunjung, dan setiap kali pengunjung blog kita mendownload file-file tersebut kita akan dibayar. Contohnya Ziddu.

Product Selling
Menjual produk-produk tertentu baik produk retail ataupun produk buatan sendiri seperti e-book, software dan lain-lain melalui blog.

Service Selling
Menjual jasa/keahlian lewat blog. Dalam hal ini blog menjadi alat marketing, alat promosi dan sekaligus branding.

Nah itu sedikit petunjuk awal atau sekedar gambaran buat blogger-blogger baru yang berminat untuk menjajaki blog monetizing. Untuk mengetahui lebih banyak silahkan gunakan google untuk mencari informasi-informasi mengenai metode-metode diatas lewat internet. Sori nulisnya kilat jadi mungkin kurang detil


TAGS Bisnis Online paid review


-

Search

Latest