Just Another Place 2 Share


[Tips] Hindarkan Terjebak SCAM Dalam Berbisnis Online

4 Aug 2010

bisnis online scam

Kadang saking nafsunya untuk mendulang dollar dari bisnis online, banyak pelaku bisnis online, khususnya pemula yang tergoda dengan iming-iming penghasilan besar dan kemudian terjebak dalam bisnis online yang bersifat SCAM.

Istilah SCAM biasanya berhubungan dengan kegiatan penipuan lewat dunia maya, tapi bentuk-bentuk SCAM ini berbeda tergantung kasusnya. Di dunia bisnis real, SCAM dapat merugikan korban secara langsung dalam bentuk materi, tapi di dunia bisnis online biasanya korban-korban yang terperdaya oleh para Scammer ini lebih banyak rugi waktu karena mengikuti arahan-arahan Scammer demi mencapai iming-iming yang berakhir tanpa hasil apapun dan tentunya hanya menguntungkan pihak scammer.

Biasanya para korban yang terperdaya scam justru secara tidak sadar menjadi kaki-tangan scammer dengan menyebarkan iming-iming yang sama melalui blog, email dan social media melalui link-link referral.

Berikut beberapa tips untuk mencegah kita terjebak SCAM dalam berbisnis online :

  1. Too good to be true. Salah satu ciri yang paling nyata dari bisnis online yang bersifat SCAM adalah iming-iming bahwa kita akan mendapat penghasilan yang luar biasa dengan cara yang mudah bla.. bla.. bla. Jika anda menemukan website dengan slogan-slogan seperti ini, segera tinggalkan. Dalam dunia bisnis online pun kita tidak akan menjadi kaya secara cepat tanpa usaha dan komitmen yang nyata.
  2. Ketika kita menemuka sebuah website yang menawarkan penghasilan secara online, periksa dengan seksama semua aturan dan penjelasan yang ada di halaman-halaman website tersebut. Bagaimana cara kerja dan system pembayaran komisi anda. Bisnis yang bersifat scam biasanya kurang jelas dalam menjelaskan skema kerjanya atau sangat berbelit-belit.
  3. Jangan pernah membayar. Penyedia bisnis online yang legitimate tidak pernah meminta anggotanya untuk membayar sejumlah uang sebagai modal awal ataupun untuk membeli starter kit atau apapun itu namanya. Apalagi anda harus disuruh membeli sebuah e-book dan kemudian anda disuruh menjual e-book yang sama kepada referral-referal anda. Percayalah, anda tidak akan pernah kaya karena bisnis seperti ini, dan tahukan anda bahwa e-book yang anda beli dan jual kembali sebetulnya bisa diperoleh secara gratis di dunia maya.
  4. Segera cari referensi sebanyak-banyaknya melalui search engine setiap kali anda menemukan suatu tawaran bisnis online. Caranya, misalkan anda menemukan sebuah website atau link referral www.namawebsite.com, masukkan keyword namawebsite scam di search engine Google, pasti anda akan menemukan banyak referensi baik melalui forum ataupun situs dan blog dari orang-orang yang sudah berpengalaman termasuk jika bisnis tersebut adalah scam, anda akan menemukan pengalaman-pengalaman orang lain yang pernah terpedaya.

Dengan memperhatikan ke-4 tips diatas seharusnya kita ngga akan terjebak lagi dalam bisnis online bersifat SCAM.

Selamat berbisnis online.


TAGS Bisnis Online Scam


-

Search

Latest