Just Another Place 2 Share


Ancaman Terbesar Dunia Maya Era Facebook dan Twitter

25 Oct 2010

ancaman era facebook dan twitter

Meskipun ancaman-ancaman yang muncul di dunia maya masih seputar malware (virus, spyware dll) serta phishing, namun bentuk dan caranya terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi internet itu sendiri.

Bagi yang sudah lama menggunakan Internet, mungkin sudah kebal dengan aneka phishing yang datang melalui email dan mesengger. Yaitu berupa penipuan-penipuan yang sering mengiming2i kita sejumlah uang kalau kita mau membantu si pengirim email dengan cara bla-bla-bla…. dan kemudian apabila kita tertarik maka kita akan disuruh menginvestasi sejumlah uang dulu dan kemudian tertipulah kita… *ngga tanggung-tanggu seorang anggota Dewan terhormat ada yang pernah terjebak penipuan model ini* Atau email-email alert yang seolah-olah memberitahu kita bahwa account email kita terancam ditutup dan kita harus melakukan update data dengan mengirimkan nama, tanggal lahir, dan lain-lain agar selamat dari penutupan account. Jika kita membalas email ini… maka habislah account kita dibajak oleh si pengirim email phishing (phisher). Dan selanjutnya ada juga yang mengirimkan email dengan ajakan-ajakan menggoda seperti *Lihat deh ini ada foto temen kamu yang lucu bangett…* atau *rugi klo ngga liat video ini* dan lain-lain disertai link yang harus kita klik. Begitu kita klik link yang dikirim, dan masuk ke halaman-halaman situs yang sudah disiapkan untuk mengirimkan berbagai macam virus atau spyware ke komputer kita dan hasil paling parah account-account kita di dunia maya akan dengan mudah di bajak.

Di era social networking seperti facebook dan twitter serta perkembangan teknologi web 2.0 yang semakin melenakan kita dalam teknologi halaman-halaman situs interaktif ini, ancaman-ancaman seperti diatas semakin berkembang dan mereka memanfaatkan lalu lintas koneksi antar pengguna untuk menyebarkan spyware dan phishing. Untuk itu kita harus ekstra hati-hati ketika menerima pesan apapun dari kontak kita, karena sering terjadi account salah satu pengguna dibajak dan kemudian digunakan untuk mengirimkan pesan-pesan yang berisi link-link berbahaya ke seluruh kontaknya.

Sebetulnya apabila kita mau belajar dan mengerti trik-trik para penipu dunia maya ini, kita akan aman dalam memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan betapapun trik-trik mereka terus berkembang. Kita hanya perlu aware dan ekstra hati-hati saja.

Yang jadi masalah disini, dan justru yang menjadi Ancaman Terbesar bagi pengguna Internet lokal, khususnya Pengguna Facebok dan Twitter, justru adalah sifat ‘masa bodoh’ dan kadang ’sok pintar’ dalam menggunakan teknologi dunia maya ini.

Dari browsing-browsing dan membaca berbagai artikel tips keamanan berselancar dan menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada di dunia maya, kebanyak komentar-komentar yang masuk dari para pembaca, terlihat kalau pengguna internet lokal kebanyakan sok pintar dan banyak tidak mengerti dengan apa yang dimaksud spyware, phishing dan lain sebagainya.Buat mereka, apapun itu yang mengancam di internet atau komputer pasti namanya Virus dan solusi satu-satunya yah antivirus… Tidak heran, banyak sekali pengguna lokal yang accountnya dibajak baik email, facebook, twitter dan lain-lain. Dan lucunya, mereka selalu merasa tidak melakukan hal yang salah, dan selalu tidak mau disalahkan hahaha cape dehhh….


TAGS Facebook Twitter Social Networking Internet Fraud


-

Search

Latest