Just Another Place 2 Share


Tips Meminimalisir SPAM di Inbox Email

1 Nov 2010

SPAM

Sesekali mungkin ngga mengganggu, tapi begitu buka email dan dibanjiri spam alias pesan-pesan sampah kadang bisa menyebalkan. Di beberapa layanan email gratisan seperti Yahoo, Hotmail dan Gmail memang ada fasilitas filter otomatis yang memasukkan pesan-pesan yang terdeteksi spam ke folder spam/junk. Tapi itupun kita ngga bisa otomatis membersihkan folder spam/junk sebelum diperiksa dulu, karena ada ada email-email penting yang ikut terlempar ke folder ini.

Pesan-pesan spam kebanyakan berisi iklan-iklan, hoax dan yang paling berbahaya ada phishing (penipuan melalui email termasuk email-email berisi link-link yang bisa menjebak kita memasuki situs-situs palsu, mengunduh malware ke komputer kita ataupun mengirimkan data pribadi tanpa kita sadari)

Susah memang menghilangkan sama skali gangguan spam melalui email, tapi dengan beberapa tips berikut ini kita bisa meminimalisir gangguan spam dan phising :

  1. Jangan pernah membiarkan alamat email kita terpampang di halaman-halaman situs, blog, forum atau apapun juga, karena para pelaku spam/spammer memiliki software yang dapat melacak dan mengumpulkan secara otomatis alamat-alamat email yang terpampang di halaman-halam situs mana saja.
  2. Jangan gunakan email utama, tetapi buatlah sebuah email khusus untuk mendaftar ke milis-milis, mendaftar newsletter, forum ataupun email-email berlangganan lainnya, termasuk ketika melakukan aktifitas blogwalking.
  3. Lebih selektif ketika mendaftarkan email pada situs-situs tertentu, pake aja dulu alamat email cadangan, kalau kemudian kita yakin dengan situs bersangkutan, kita bisa mengganti dengan alamat email utama.
  4. Hapus semua email spam yang masuk.

Sedangkan untuk meminimalisir akibat-akibat langsung ataupun tidak langsung dari email-email spam dan phishing yang masuk sebaiknya hindarkan melakukan hal-hal berikut :

  1. Jangan pernah mengklik link-link yang mencurigakan *meskipun tampak menarik*, baik dari kontak yang anda kenal ataupun tidak, karena bisa saja anda terjebak masuk dalam situs-situs palsu ataupun halaman-halaman situs yang telah disiapkan untuk menyuntikan virus dan malware ke komputer tanpa kita sadari.
  2. Jangan membuka lampiran atau attachment file yang mencurigakan, karena kemungkinan besar file-file ini akan menginfeksi komputer kita dengan virus atau malware lainnya.
  3. Jangan pernah membalas email-email spam, karena mereka biasanya menggunakan alamat email palsu dan kemungkinan balasan kita justru bisa menambah email-email spam baru.
  4. Jangan pernah membeli produk ataupun jasa yang ditawarkan melalui email spam.
  5. Jangan membuka email yang anda curiga sebagai email spam.
  6. Jangan pernah mengirimkan informasi-informasi pribadi yang diminta melalui email.
  7. Stop dan jangan pernah mem-forward email-email peringatan mengenai virus, penutupan layanan email tertentu dan email-email yang isinya bersifat mengancam atau mengkawatirkan tanpa anda yakini kebenarannya karena biasanya ini bersifat HOAX (berita bohong)

Please Support : Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia


TAGS


-

Search

Latest