Just Another Place 2 Share


Pahlawanku, pahlawanmu, pahlawan kita di masa kini. Masih adakah?

10 Nov 2010

pahlawanku

Coba aja tanya ke teman kamu, atau orang-orang disekitar kamu. Siapa sih pahlawan kamu di masa kini? Paling banter jawabnya Nyokap gue dong! atau ortu gue lah! Atau ada sebuah slogan yang selalu melekat di benak kita yaitu Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Jadi jawaban Guru juga bisa menjadi pilihan sebagai pahlawan masa kini sepanjang masa.

Hmm kayaknya kok sulit sekali yah mencari figur pahlawan masa kini. Benarkah? Tidak juga!

Masih banyak figur pahlawan disekitar kita, hanya kita saja yang mungkin menutup mata karena terlalu sibuk dengan diri kita sendiri, atau karena terlalu banyak persepsi dan interprestasi negatif yang kita tanamkan dalam pikiran kita. Kita lebih suka berpikiran skeptis daripada positif dan terbuka.

Kita juga sulit mencari figur pahlawan karena dipikiran kita sudah kadung mendambakan hal-hal yang spektakuler, heboh dan wah untuk figur itu dan akhirnya banyak tindakan kepahlawanan yang terlewatkan karena kita anggap kecil.

Lihat deh ke sekeliling kita tetangga kita yang lebih memilih halaman rumahnya beralaskan tanah dan ketika hujan selalu mengotori ban mobil dan teras rumahnya, karena dia sadar, melapisi pekarangan dengan lapisan beton akan mengurangi sumur resapan air hujan dan ikut menyumbang banjir. Hal kecil mungkin, tapi itu tindakan kepahlawanan.

Teman kos kita yang rajin mematikan semua lampu dan peralatan listrik ketika meninggalkan kamarnya. Tampaknya tidak berarti, tapi ia melakukan ini karena kesadaran akan penghematan energi yang sumbernya suatu saat mungkin akan habis, belum lagi efek global warming yang ditimbulkan dari eksploitasi sumber-sumber energi tanpa kendali.

Ibu warung makan sebelah kos kita, yang selalu ikhlas diutangin anak-anak mahasiswa, karena dengan ketulusannya dia sadar bahwa anak-anak muda ini bukan dari keluarga berada, dengan keterbatasan ekonomi namun mereka berhak untuk mengejar cita-citanya setinggi bintang. Bukahkan itu heroisme?

Atau mungkin juga salah satu bos pemilik perusahaan kita bekerja, yang anti ngemplang pajak. Para sukarelawan yang selalu membantu di daerah bencana dan melakukan semua dengan ikhlas tanpa mengharapkan materi ataupun sekedar pujian, bahkan seorang pejabat yang rela dihujat masyarakat karena keputusan yang ia yakini akan bisa memperbaiki kondisi negrinya ke depan dan masih banyak lagi.

Ada banyak pahlawan disekitar kita, kita hanya perlu membuka mata dan mengaspirasi tindakan-tindakan heroik mereka dan siapa tau pelan tapi pasti sikap itu akan tertular ke pribadi kita.

Sosok pahlawan bukanlah orang yang kita anggap berjasa untuk pribadi kita, tapi orang yang dengan ketulusan dan keikhlasan mau melakukan hal-hal yang ia yakini bermanfaat untuk orang banyak, tanpa menuntut balas. Dan masih banyak disekitar kita.

Selamat Hari Pahlawan 10 November 2010 dan terima kasih untuk para Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan negri ini, semoga kami senantiasa tidak menyia-nyiakan pengorbanan ini…..


TAGS pahlawan Hari Pahlawan


-

Search

Latest