Just Another Place 2 Share


Hati-hati! Email Scam Baru di Email Yahoo

25 May 2011

Para scammer dan penjahat dunia maya kayaknya emang ngga pernah istirahat nih. Social media dan layanan email gratisan seperti Yahoo, Gmail dan Hotmail tak henti-hentinya menjadi ajang scam dan pencurian data pengguna internet dengan trik-trik yang semakin halus dan semakin canggih.

Pagi ini kebetulan gw buka email Yahoo dan ada satu pesan baru dengan judul : Pending Message!

Penasaran gw buka, sempat surprise, kirain Yahoo punya fitur baru dimana ada message-message tertentu yang terpending masuknya karena alasan-alasan tertentu. Tapi seperti biasa, gw selalu curiga dan berhati-hati dengan email-email yang mengatasnamakan provider penyedia jasa di internet seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, Facebook, Paypal dan lain-lain. Kita harus cermat ketika menrima email-email seperti ini.

Di email ini dibilang kalau gw punya dua email dengan status pending karena sedang ada proses upgrade oleh Yahoo, jadi untuk menerima email dalam status pending ini gw harus klik link yang disediakan. Disinilah kita harus teliti. Ketika gw sorot link yang ada, ternyata kita akan di arahkan ke satu halaman di luar Yahoo yang telah didesain sedemikian rupa sehingga user merasa masih berada dalam halaman website Yahoo.

Klik biar gede

Klik Biar gede

Nah disinilah kalau kita tertipu dan mengikuti instruksi untuk mengisi data dan password pada form yang disediakan, alamat data dan pasword kita tercuri, dan pihak scammer akan dengan mudah membajak account email Yahoo kita dan biasanya juga account-account lain yang terhubung ke alamat email yang bersangkutan, seperti account Facebook, Paypal dan lain-lain.

Pada dasarnya untuk menghindari scam, kita harus cermat dalam merespon informasi-informasi yang kita terima melalui email maupun social media dan tidak sembarangan meng-klik link yang mencurigakan.


TAGS Internet Scam Internet Fraud Email Yahoo


-

Search

Latest