Just Another Place 2 Share


Membangun Kepercayaan Diri Dengan Mudah

15 Mar 2012

self confidence

Tingkatan rasa percaya diri masing-masing orang memang berbeda. Ada yang terlahir dengan rasa percaya diri tinggi, ada juga yang sebaliknya. Kemudian ada juga yang terbangun rasa percaya dirinya karena faktor lingkungan serta faktor-faktor lain karena pengalaman hidup seperti meningkatnya intelektualitas, meningkatnya taraf hidup dan lain-lain. Namun ngga bisa disangkal ada banyak tipe orang yang begitu sulit membangun rasa percaya diri, terutama ketika berada di lingkungan baru ataupun pekerjaan baru.

Menurut saya sih, kebanyakan kita mengalami rasa percaya diri yang kurang karena kita menyadari kekurangan-kekurangan kita dibanding orang lain. Beberapa kekurangan dapat kita perbaiki, namun ada juga ‘kekurangan’ yang menempel pada diri kita yang ngga mungkin dirubah lagi.

Contoh, pengetahuan dan skill sering menjadi kendala dan mengurangi rasa percaya diri ketika kita berada di dunia kerja, dengan belajar lebih giat dan mengembangkan skill yang kita punya otomatis akan menambah rasa percaya diri. Bagaimana jika kita memiliki kekurangan secara fisik? Misalnya tubuh yang pendek, atau kurang proposional alias gemuk? Gemuk kan bisa dikurusin, tinggal tergantung niat dan usaha kita bukan? Kalau pendek? Ngga mungkin ditinggin, nah ini bisa kita tutupi dengan mengembangkan personality kita agar lebih disukai orang banyak. Kenali apa kelebihan kamu, kembangan dan jadikan itu sebagai modal ketika memulai pergaulan. Misalnya anda memiliki selera humor, coba belajar melucu dengan pintar, dan jangan norak. Belajar cara membawa diri dan membuka pergaulan dengan elegan. Dengan meengembangkan personality kita menjadi lebih disukai orang banyak maka otomatis kekurangan yang kita miliki tidak akan menjadi penghambat rasa percaya diri kita karena tertutup oleh kelebihan yang kita kembangkan.

Hal penting dalam membangun kepercayaan diri adalah mengenal diri kita dengan tepat. Kenali apa kekurangan2 kamu dan perbaiki jika bisa diperbaiki, kenali kelebihan-kelebihan kamu dan kembangkan dengan total sebagai modal rasa percaya diri serta untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang ada.

Udah gitu aja :)


TAGS percaya diri


-

Search

Latest