Just Another Place 2 Share


Alat Pemadam Api Buatan Sendiri

12 Nov 2013

Guys, tahu ngga? Kalau selama ini anda tahunya alat pemadam api hanya ada dalam bentuk tabung berwarna merah yang bisa anda beli di pasaran, ternyata untuk keperluan rumah kita bisa berkreasi dan membuat alat pemadam api sendiri dengan bahan-bahan yang sangat mudah diperoleh.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat alat pemadam api sederhana ini terdiri dari Baking Soda, Cuka, Air, Tisu (Toilet paper) dan sebuah botol plastik ukuran 1 liter atau lebih.

Caranya mudah seperti berikut :

Langkah 1

Isi botol plastik dengan cuka sampai 1/3 ukuran botol

masukkan larutan cuka dalam botol untuk alat pemadam api sederhana anda

Langkah 2

Isi botol dengan air sampai sisa sekitar 6 cm bagian atas botol yang dibiarkan kosong.

masukkan air

Langkah 3

Ambil 2 lembar tisu (toilet paper) kemudian letakkan 2 sendok makan baking soda diatas lembaran tisu dan kemudian bungkus baking soda dengan tissu

bungkus 2 sendok makan baking soda dengan tisu

Langkah 4

Buatlah lubang secukupnya pada tutup botol, kemudian jejalkan bungkus baking soda tadi ke dalam lubang tutup botol tapi jangan sampai masuk ke dalam

langkah keempat pembuatan alat pemadam api sederhana

Nah , alat pemadam api anda sudah siap digunakan. caranya adalah dengan mengocok larutan cuka dalam botol hingga menyentuh gumpalan baking soda sambil mengarahkan ke titik api atau benda yang terbakar. Larutan cuka dan baking soda akan memproduksi karbon dioksida yang berfungsi mengeliminasi kandungan oksigen pada api sehingga dapat memadamkan api.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membuat dan menggunakan alat pemadam api buatan sendiri ini antara lain :

  1. Jika larutan cuka menyentuh gumpalan baking soda dalam proses pembuatan atau penyimpanan, segera buka tutup botol untuk mencegah gas karbondioksida yang dihasilkan menyembur keluar sebelum waktunya.
  2. Jangan gunakan alat pemadam api buatan ini pada kebakaran yang terdapat aliran listrik atau minyak/lemak karena hanya akan memperparah keadaan.
  3. Alat pemadam api sederhana ini hanya cocok untuk memadamkan api kecil dengan bahan bakar padat seperti kayu, kain dan lain-lain.
  4. Jangan terlalu dekat dengan sumber api ketika menggunakan alat pemadam api ini dan pastikan anda mengarahkan ke titik api bukan ke lidah api.

Demikian informasi buat anda semoga bermanfaat.


TAGS api kebakaran


-

Search

Latest