Just Another Place 2 Share


Asyiknya bertelekonferensi dengan Kongkow Conferencing

11 Mar 2014

Udah pada tau kan telekonferensi itu apa? Yup, telekonferensi adalah istilah untuk pertemuan atau percakapan oleh 3 orang atau lebih secara langsung (live) dengan menggunakan alat komunikasi berbasis elektronik. Contohnya menggunakan pesawat telepon yang biasa disebut Conference Call atau Audio Conference, karena telekonferensi dengan menggunakan telepon hanya bisa bertukar suara. Persis seperti kita menelepon biasa tapi semua partisipan atau peserta telekonferensi bisa mendengar satu sama lain.

Selain Conference Call atau Audio Conference, ada juga sih Video Conference dan Web Conference. Kalau Video Conference bisa sekaligus bertukar suara dan gambar video secara simultan, kalau Web Conference biasanya lebih canggih karena selain bertukar video dan suara, partisipan juga bisa chatting berbasis teks, bahkan bisa bertukar file dan melakukan presentasi dengan slide. Tapi yang mau saya ceritakan disini hanya sebatas Conference Call atau Audio Conference saja sih.

Jadi ternyata, di Indonesia sudah ada beberapa provider yang memnyediakan fasilitas conference call ini. Salah satunya yang mungkin udah sering di dengar adalah Permata Conference Call dan TELKOMConference. Keduanya adalah produk Telkom. Sayangnya, meskipun kita sudah berlangganan, menggunakan Permata atau TELKOMConference, kita diwajibkan untuk reservasi dulu kapan dan berapa banyak peserta telekonferensi yang akan terlibat. kalau ternyata diwaktu yang kita pilih sudah diisi oleh member lain yang reservasi terlebih dahulu, maka kita harus memilih waktu lainnya. Kurang fleksibel.

Nah beda sama Kongkow Conferencing. Melakukan telekonferensi dengan Kongkow Conference memang jauh lebih mudah dan seperti katanya sih instant. Kalau kita sudah mendaftarkan akun Kongkow dan mendapatkan PIN Kongkow, kapan saja kita butuh, bisa langsung melakukan telekonferensi. Kerennya juga, mendaftar dan menggunakan Kongkow Conference benar-benar gratis. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan apa-apa kecuali pulsa telepon seperti kita menelepon biasa. Pulsa lokal lagi.

Ya pastinya sih pulsanya akan jauh lebih murah kalau kita pengguna nomor Smartfren atau menggunakan PTSN dengan nomor lokal yah, karena nomor yang disediakan untuk kita hubungi saat akan melakukan telekonferensi hanya ada 2 nomor yaitu nomor Smartfren08886158585 dan nomor telepon lokal Jakarta02150158585. Denger-denger sih ke depan bakal ada nomor-nomor lokal di beberapa kota di Indonesia juga yah. Dan kalau masalah pulsa, kan sebetulnya provider-provider GSM juga sudah menyediakan paket-paket pulsa yang banyak telepon gratisnya kan? Nah itu bisa kita manfaatkan.

Berdasarkan pengalaman menjajal Kongkow, prosesnya simple dan beneran instant!!!. Hanya perlu ngisi form pendaftaran yang isinya alamat email, password dan nomor telepon, kita langsung dikasi 1 nomor PIN. Nah PIN inilah yang kita bagikan ke teman-teman atau kolega yang akan kita ajak kongkow-kongkow bareng via telepon rame-rame a.k.a telekonferensi. Di waktu yang bersamaan, semua peserta telekonferensi tinggal menghubungi nomor yang sudah disediakan tadi dari ponsel atau telepon masing-masing, ketika tersambung, tinggal memasukkan PIN dan kemudian semua partisipan akan dihubungkan melalui conference bridge dan siap ngobrol bersama-sama seperti berada dalam 1 ruangan yang sama. Hasil menjajal Kongkow sih selain mudah juga kualitas suara yang dihasilkan sangat jernih, terlebih kalau menggunakan fixed phone. kalau menggunakan handphone sih mungkin tergantung kualitas sinyal juga kali yah.

Intinya buat kamu yang butuh fasilitas telekonferensi, boleh silahkan jajal aja Kongkow Conferencing, mumpung GRATIS :-)


TAGS Conference call Audio Conference teleconference telekonferensi


-

Search

Latest