Just Another Place 2 Share


Facebook Makin Berbahaya, Bagaimana Berfacebook Ria Dengan Aman?

12 Mar 2014

Kalau mau jujur, meskipun banyak bermunculan situs dan aplikasi social media dengan aneka fitur menarik, popularitas Facebook masih belum terkalahkan. Sebagai pionir, Facebook memang memiliki banyak fitur yang agak sulit untuk disamai oleh social media lainnya, selain tentunya karena base member Facebook sangat besar dan Facebook juga relatif lebih mudah digunakan, baik melalui versi website ataupun aplikasi smarthphone yang tersedia.

Salah satu kelebihan Facebook adalah banyaknya tersedia aplikasi interaktif yang bisa digunakan beramai-ramai, sesuai dengan konsep social media. Facebook mempersilahkan pihak ketiga untuk membuat dan merilis aplikasi dengan menggunakan database keanggotaan di Facebook. Aplikasi-aplikasi yang didominasi oleh game online dan aplikasi hiburan lainnya ini memang sangat menarik. Namun sayangnya, lewat aplikasi inilah banyak pengembang yang memanfaatkannya sebagai celah untuk melakukan tindakan-tindakan yang merugikan pengguna Facebook.

Bagaimana caranya?

Pengguna Facebook cenderung kurang memperhatikan, ketika mereka akan menggunakan aplikasi yang ada di Facebook, selalu ada permintaan autorisasi apakah pengguna mengijinkan aplikasi tersebut menggunakan data-data pengguna yang ada di Facebook. Autorisasi berikutnya, apakah pengguna mengijinkan aplikasi untuk memposting, dan melakukan aktifitas-aktifitas lainnya di Facebook pengguna atas nama pengguna. Nah disinilah bahayanya.

Bagi aplikasi-aplikasi game dari pengembang game yang kredibilitasnya bagus, contoh seperti Zynga, King dan lain-lain, biasanya mereka akan menggunakan ijin autorisasi ini untuk memposting hasil aktifitas pengguna ketika sedang bermain game, atau mengundang teman Facebook mereka dan lain-lain. Walaupun aplikasi telah diberi autorisasi, namun aplikasi-aplikasi yang baik ini selalu meminta konfirmasi ke pengguna apakah boleh atau ingin mempublikasikan aktifitas mereka ke timeline dan lain-lain.

Nah berbeda dengan aplikasi-aplikasi abal-abal yang kurang banyak digemari, biasanya mereka akan memanfaatkan autorisasi ini untuk melakukan aktifitas spam. Misalnya tanpa sepengetahuan pengguna, sistem aplikasi ini mengundang daftar teman pengguna untuk ikut bermain dan ini dilakukan terus menerus hingga seringkali mengganggu teman pengguna yang mengira si pengguna sendiri yang sering mengirim undangan. Bukan tidak mungkin akhirnya menimbulkan kekesalan hingga terjadi pemutusan pertemanan di Facebook.

Namun itu belum seberapa, belum berbahaya. Yang berbahaya ketika aplikasi-aplikasi ini memang segaja dibuat untuk tujuan yang buruk. Biasanya untuk menyebarkan spam atau link dan url-url berbahaya yang disisipin virus dan malware. Ketika pengguna Facebook menggunakan dan memberikan autorisasi pada aplikasi ini maka aplikasi akan membuat postingan-postingan di timeline pengguna tanpa sepengetahuan si pengguna. Biasanya isi postingan berupa link-link berita yang sensasional dan mengundang teman si pengguna untuk mengklik link tersebut.

Ketika teman pengguna mengklik link yang diposting dia akan dikirim ke halaman website yang berisi banyak jebakan. Bahkan tidak jarang tanpa sadar si pengguna telah mendownload software-software berbahaya yang kemudian akan menjangkiti komputernya denga malware atau virus.

Contoh, hari isi saja ketika membuka Facebook, di news feed saya ada 2 postingan dari 2 teman yang berbeda yang berisi link spam. Silahkan lihat gambar berikut :

Foto hoax mengenai ditemukannya pesawat MAS MH370

Foto hoax mengenai ditemukannya pesawat MAS MH370

Pada gambar pertama ini, seorang teman seperti memposting URL tentang berita dan video ditemukannya pesawat Malaysia Airlines MH370 yang masih hilang dalam perjalanannya ke China. Ayo, ditengah berita yang simpang-siur karena sudah beberapa hari ini pesawat tersebut menghilang tanpa ketahuan rimbanya, melihat higlight berita dan foto diatas pasti anda ingin segera mengklik dan membukanya. Apalagi anda percaya kalau teman andalah yang merekomendasikan link berita/video ini. Disinilah jebakan terjadi. Url diatas diposting diam-diam oleh aplikasi jahat yang saya ceritakan tadi. Teman saya juga pasti tidak tahu menahu aplikasi mana yang melakukan ini. Karena rata-rata pengguna Facebook sudah menyetujui dan menggunakan puluhan bahkan ratusan aplikasi dalam akun Facebooknya.

Nah ketika anda klik url diatas, anda akan dibawa ke sebuah halaman dimana anda harus menyebarkan link ini di Facebook anda dan mengotorisasi aplikasinya. Jika anda melakukannya, anda sudah terjebak untuk menyebarkan berita HOAX ini dan entah apalagi kerugian-kerugian lain kalau sampai anda masuk ke halamannya.

3222d44bb95ee1b498f8d0471b17fc6d_fb-spam-02

Selanjutnya pada gambar kedua ini, seolah-olah teman saya memposting url yang berisi video naked atau video telanjangnya. wahhh gawaatt? Parahnya lagi postingan ini diulang berkali-kali dan men-tag beberapa teman di list friendnya setiap postingan. Sangat mengganggu dan tentunya berbahaya juga.

Ketika anda klik url diatas, anda akan dibawa ke sebuah halaman yang mirip sekali dengan halaman video Youtube. Tapi video yang ada tidak bisa di play alias error , dan anda akan disuruh mengupdate Flash player anda. Bersamaan dengan itu, secara otomatis komputer anda mendownload sebuah file yang kalau dilihat dari namanya seperti installer flash player. Padahal inilah file yang mengandung virus berbahaya bagi komputer anda. Masih untung jika komputer anda terinstal anti virus yang sudah terupdate, file berbahaya ini akan terdeteksi mengandung virus dan akan terblok. Jika tidak? Yasalam… entah apa jadinya dengan komputer anda.

Itu hanya dua contoh. Tapi kasus ini sangat banyak terjadi di Facebook, dan kebanyakan pengguna Facebook khususnya pengguna Indonesia dengan santainya cuma bilang : “Facebooknya kena hack ya bro!” Hahahaha ini bukan hack, tapi lebih karena ketidak hati-hatian kita menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada di Facebook.

Contoh lain, belakangan ini kita sering di tag dan di mention dalam postingan-postingan mengenai bagaimana melihat siapa yang visit facebook kita dan postingan-postingan sejenis bukan? Nih seperti gambar di bawah ini contohnya :

f6f1fe85ce83b6526522ac69f55708e9_fb-spam-03

Pernah seorang teman menulis status bernada komplain karena merasa terganggu teman-temannya mention dan tag dia dalam postingan2 seperti ini. Percuma komplen!! Karena teman anda sendiri tidak sadar kalau mereka tag dan mention anda. Ini adalah pekerjaan aplikasi-aplikasi tadi. Mungkin tanpa anda sadar, akun Facebook anda juga sudah digunakan untuk mention dan tag temen-temen anda yang lain sih.

Lantas, kita harus bagaimana untuk mencegah dimanfaatkan oleh aplikasi-aplikasi berbahaya ini?

d422429d9a5e1ce9e87669d5b467ae87_fb-spam-04

  1. Kalau saya, tidak sembarangan menerima undangan (invitation) dari temen untuk bermain game atau menggunakan aplikasi-aplikasi di Facebook. Seperti gambar di atas kan kita sering menerima invitation dan request dari teman kita. Misalnya aplikasi Birthdays (ikon love warna merah), saya tidak melihat kepentingannya apa, jadi tidak akan pernah menggunakan aplikasi ini. Kalaupun ada aplikasi yang tampak menarik, biasanya saya lihat pengembangnya dulu, atau googling mengenai aplikasi dan pengembangnya dulu, apakah kredibel atau tidak. Jika tidak meyakinkan, sebaiknya jangan diterima dan jangan dicoba.
  2. Rajin-raji memeriksa daftar aplikasi di akun Facebook, dengan membuka halamanhttps://www.facebook.com/bookmarks/apps . Disini ada list aplikasi yang pernah kita gunakan dan kita berikan otorisasi. Kalau ada aplikasi yang sudah tidak digunakan atau tidak anda kenal. sebaiknya di ‘remove’ saja.
  3. Ketika kita browsing dan menemukan website atau aplikasi yang menarik dimana kita boleh mendaftar menggunakan akun Facebook, berhati-hatilah menyetujui permintaan otorisasi dari situs atau aplikasi tersebut. Tidak masalah untuk memberikan otorisasi menggunakan nama dan data kita, namun ketika situs atau aplikasi meminta ijin untuk memposting dan melakukan aktifitas atas nama akun Facebook kita, pikir dua kali sebelum menyetujui.
  4. Jika anda sangat tertarik untuk menggunakan aplikasi-aplikasi yang kayaknya lucu dan menarik namun sebetulnya kurang bermanfaat, silahkan saja kalau ingin mencoba, tapi setelah anda puas mencoba, masuk ke daftar aplikasi anda dihttps://www.facebook.com/bookmarks/apps , dan remove aplikasi yang baru anda gunakan.

Demikian sedikit pencerahan agar kita dapat berfacebook ria tanpa terganggu oleh aplikasi-aplikasi yang menyisipkan aktifitas-aktifitas berbahaya di akun kita.


TAGS kemanan aplikasi berbahaya virus maleware


-

Search

Latest