Just Another Place 2 Share


Bisnis Jualan Kamera CCTV Menguntungkan?

4 Aug 2014

Pertanyaan ini muncul bukan berdasarkan analisa atau perhitungan pasar :) Hanya sebuah rasa penasaran dan ingin tahu : apakah bisnis berjualan kamera CCTV memang menguntungkan?

Kenapa pertanyaan ini muncul, karena selama beberapa tahun menjalankan usaha jasa konsultan pengembangan website, kami telah mengerjakan beberapa website klien yang bisnisnya berhubungan dengan penjualan kamera CCTV. Baik yang menjual secara ecer, grosir, maupun jasa instalasi Surveilance System yang termasuk di dalamnya adalah kamera CCTV.

Setiap kali akan membangun website klien, merupakan kewajiban untuk melakukan survei atau tepatnya pengamatan secara online dengan cara mencari website-website sejenis atau kompetitor usaha si klien. Tujuannya adalah selain untuk memahami bisnis si klien secara utuh, juga untuk referensi sebelum membangun konsep dan menetapkan fitur-fitur apa yang sebaiknya kita berikan pada klien. Lewat pengamatan ini juga kita mempelajar kelemahan atau kekurangan dari website-website bisnis sejenis dan kemudian menyempurnakan untuk website klien kita. Ya tentunya dikonsultasikan ke klien terlebih dahulu karena biasanya konsep dan fitur yang kami tawarkan akan mempengaruhi nilai atau harga proyek.

Nah lewat pengamatan ini saya menemukan betapa banyaknya website bisnis yang menjual kamera CCTV. Jenis websitepun sangat beragam, mulai dari website profesional yang dibagun dalam bentuk online store ataupun katalog online, hingga website-website yang dibangun menggunakan fasilitas-fasilitas website gratisan seperti Blogspot, Wordpress dan lain-lain. Ada ratusa website yang menawarkan kamer CCTV dan perlengkapannya. Para pemilik website juga beraneka ragam mulai dari usaha kecil hingga perusahaan besar yang menawarkan produk hingga jasa instalasi yang kompleks.

Selain jumlah website, terlihat jelas bahwa pemilik website yang menjual kamera CCTV tidak segan-segan menggunakan jasa SEO untuk meningkatkan persaingan website mereka di halaman pencarian Search Engine, terutama Google.

Keyakinan bahwa bisnis kamera CCTV ini sangat menguntungkan karena beberapa klien kami yang membangun online store untuk menjual kamera CCTV tampak tidak segan-segan mengeluarkan biaya pengembangan yang lumayan besar demi mendapatkan situs atau toko online yang profesional serta fitur-fitur yang sophisticated agar memudahkan pelanggan mereka melakukan pembelian atau pemesanan produk CCTV. Bahkan klien kami yang terakhir bercerita bahwa ia secara rutin mendatangkan produk kamera CCTV secara import dari Tiongkok untuk dijual secara murah di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, dalam 1-2 bulan sekali, produk CCTV yang diimport sebanyak 1-2 kontainer sekali shipping. Jelas bukan bahwa pasar kamera CCTV sangat besar?

Klien kami yang terakhir adalah PD Hanselindo asal Surabaya yang baru-baru ini meluncurkan toko online dengan target kata kunci jual kamera CCTV.


TAGS kamera CCTV camera jual


-

Search

Latest