Just Another Place 2 Share


Tips Mencegah Abused dari Aplikasi Facebook

1 Oct 2014

a36f031f6757c0f82d4445e4cb8c8ab7_abusedfb-620x348

Facebookan memang seru. Setelah bermunculan beberapa social media kompetitor, masih banyak dari kita yang blom bisa move on dan meninggalkan Facebook rite? Tapi memang, sama seperti kehidupan sosial, lingkungan Facebook kita juga tidak lepas dari hal-hal yang kadang terasa mengganggu.

Kalau kita terganggu dengan status salah satu Facebook friend kita sih mudah, tinggal unfollow atau remove dari friend list. Beres kan. Tapi bukan hanya itu. Ada 2 jenis gangguan yang selama ini paling banyak di keluhkan oleh Facebook users, dan mungkin anda salah satunya. Yaitu berupa abused yang sering dilakukan oleh aplikasi-aplikasi Facebook. Ya memang banyaknya aplikasi di Facebook terutama games bisa menyenangkan bagi sebagian orang, namun ternyata abused yang dilakukan oleh aplikasi-aplikasi ini justru mengganggu untuk sebagian orang lainnya. Nah bagaimana mencegah agar anda tidak terganggu dengan aktifitas abused dari apilkasi Facebook, games dan yang lainnya? Berikut tipsnya.

1. Facebook Account Abused

Ada banyak jenis kejadian yang berhubungan dengan Facebook Account Abused, dimana salah satunya adalah pencurian password dan akun Facebook kita digunakan secara tidak bertanggung jawab. Namun bukan ini yang akan kita bahas disini. Untuk menghindarkan pencurian password silahkan baca artikel ini.

Nah yang akan kita bahas mengenai Facebook account abused disini adalah tindakan penggunaan akun Facebook kita secara tidak bertanggung jawab tanpa kita sadari, misalnya akun Facebook kita sering digunakan untuk mengundang (invite) teman-teman kita untuk menggunakan aplikasi seperti game dan lain-lain, atau untuk meng-like sebuah page atau bergabung dengan salah satu grup.

Banyak yang berpikir, ketika akun kita mengalami ini pasti password kita sudah tercuri. Tidak juga. Pada dasarnya ketika kita menggunakan aplikasi-aplikasi Facebook, kita biasanya mengijinkan aplikasi ini untuk melakukan aktifitas2 terbatas atas nama akun kita, misalnya melakukan post di timeline kita, melakukan invite dan seterusnya. Nah ada banyak aplikasi *abal-abal* yang kelihatan menarik namun memang sengaja di buat untuk memanfaatkan fitur ini. Kadang aplikasi yang sudah lama kita gunakan dan bahkan kita sudah lupa, aplikasi inilah kemudian yang dikembangkan oleh developer aplikasinya untuk melakukan abused pada akun-akun pengguna. Untuk itu, jika anda ingin menghindarkan akun anda digunakan secara tidak bertanggung jawab, silahkan periksa daftar aplikasi yang pernah anda gunakan. Kemudian matikan atau remove aplikasi tersebut dari akun anda.

Berikut caranya :

Login ke akun Facebook anda menggunakan Desktop PC atau Laptop, di sidebar kiri timeline Facebook, carilah daftar Apps dan klik View More (lihat gambar berikut) maka akan terbuka daftar aplikasi yang selama ini pernah atau sedang anda gunakan.

f9826cc174dd4aca7cce6be2ac94cc95_fb01

Carilah aplikasi-aplikasi yang anda tidak kenal atau tidak anda gunakan lagi, klik pada icon gear disebelah kanan aplikasi kemudian klik remove. Lakukan ini ke semua aplikasi yang sudah tidak anda gunakan atau tidak anda percaya developernya. Maka anda akan aman dari abused yang dijelaskan di atas.

686aba0c5751ed782d90092b33d093c0_fb02

2. Application Invitation (Games, etc)

Kedua yang sering mengganggu pengguna Facebook adalah invitation atau undangan untuk menggunakan aplikasi (terutama games) yang intensitasnya sangat tinggi. Terlebih lagi jika ada aplikasi atau games yang sedang happening. Dalam sehari kita bisa menerima undangan berpuluh-puluh. Apalagi jika kita pernah mencoba menggunakan games tersebut.\

Nah anda tidak perlu menjadi bawel dan kemudian mengomeli teman-teman anda yang mengundang anda secara terus menerus. Toh , tidak selalu teman anda kok yang mengundang anda. Aplikasi games punya hak untuk mengundang anda dengan menggunakan akun teman anda yang menggunakan aplikasi tersebut. Jadi ketimbang anda ngomel ngga karuan, silahkan lakukan hal berikut :

Ketika anda mendapatkan undangan bermain game atau menggunakan aplikasi Facebook, klik undangan tersebut (lihat gambar). Dan ini harus dilakukan ketika login di Desktop PC atau Laptop.

02acdbbc746856330f66370024d7eede_fb03

Anda akan dibawa masuk ke halaman game atau aplikasi tersebut dan akan muncul tab konfirmasi apakah anda akan lanjut menggunakan aplikasi atau tidak. Di bawah kanan tab ini, klik link View in app center.

1acaeefd81a05fb1bdd0e2a3819d39b0_fb04

Pada halaman yang muncul selanjutnya, carilah link Block dan klik. Muncul tab konfirmasi, klik tombol Confirmed.

08c1f3c018777b840afe434b7ee88941_fb05

820913cdc3d7e29ca1c30658f488c588_fb06

Sekarang anda bebas tidak akan pernah menerima undangan dari aplikasi tersebut. Lakukan ini setiap anda mendapat undangan untuk menggunakan aplikasi atau games baru. Agak repot? Lebih repot mana ketimbang setiap hari notifikasi anda dipenuhi undangan-undangan tersebut.


TAGS Facebook


-

Search

Latest